Menelusuri Jejak Naga Komodo di Pulau Rinca

Flores Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak sekali pulau eksotis yang menjadi habitat asli hewan purba yaitu Komodo, sepertinya telah menjadi tujuan favorit bagi para backpacker/ traveler baik dari dalam negeri maupun wisatawan asing dari berbagai negara dan menjadi tujuan alternatif selain Bali, Lombok dan Bromo untuk berwisata. Berbagai macam turis yang datang ke Flores secara berbondong-bondong hanya untuk melihat tingkah laku Komodo yang merupakan hewan yang hampir punah ini.

Pulau-Rinca

Selain faktor habitat dari Komodo, Flores juga mendapatkan predikat “New 7 Wonders of Nature” karena keindahan pulau-pulau yang ada di Flores tingkat keindahannya berjajar sama dengan tempat-tempat cantik dan indah lainnya di seluruh dunia. Pulau ini juga adalah salah satu bagian dari situs warisan dunia yang diakui UNESCO, karena masuk di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Banyak orang di Indonesia yang belum tahu kalau Komodo sendiri bukan hanya ada di Pulau Komodo saja namun ada juga di pulau-pulau di sekitar Pulau Komodo salah satunya yaitu Pulau Rinca yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Pulau Rinca ini merupakan salah satu pulau yang ada di gugusan kepulauan Komodo. Rinca merupakan tempat habitat asli Komodo dengan populasi jumlah Komodo terbesar kedua setelah Pulau Komodo. Walaupun luas Pulau Rinca lebih kecil dari Pulau Komodo, namun populasi Komodo yang ada di Pulau Rinca mencapai 1500 ekor jadi memudahkan turis menemui hewan langka tersebut.

Posisi Pulau Rinca berada lebih dekat dengan Labuan Bajo jika dibandingkan dengan Pulau Komodo sehingga waktu perjalanan yang dibutuhkan juga lebih pendek, Untuk titik tertinggi di Pulau ini berada di Gunung Doro Ora dengan ketinggian 670 mdpl. Bukan hanya hewan Komodo saja, disini juga hidup hewan lainnya seperti babi liar, kerbau dan juga burung-burung lokal.

Harga tiket masuk untuk mengunjungi Pulau Rinca ini jauh lebih murah dari Pulau Komodo yaitu hanya 25.000 saja namun harga tersebut belum termasuk dengan biaya ranger yang sekitar 150.000 – 250.000 per rombongan. Sedangkan untuk fasilitas bagi wisatawan di tempat ini terdapat toilet, warung makan bahkan homestay yang ada di sekitar lokasi pos penjagaan di Pulau Rinca. Saran saja untuk wisatawan agar membawa perbekalan yang cukup karena untuk ke Rinca perlu trekking dengan jalur yang panjang ditambah dengan cuaca yang sedikit panas.

Untuk anda yang ingin menuju Pulau Rinca salah satu caranya adalah menyewa kapal yang ada di Labuan Bajo atau para wisatawan bisa ikut paket wisata komodo dengan menggunakan jasa Ihsan Travel byang menyediakan paket Live A Board atau Tour Sailing  Komodo dengan harga yang hemat dan terjangkau. Perjalanan menuju Pulau Rinca sendiri membutuhkan waktu selama 2 jam perjalanan via laut dan berlabuh di dermaga Loh Buaya. Jadi sudahkan anda mengatur jadwal liburan anda bersama keluarga untuk ke Pulau Rinca?