Pengertian Holistik Saduran Wikipedia

Jan smuts Holism and Evolution Bapak Holistik Dunia

Pengertian holistik menurut wikipedia adalah suatu pandangan dan pola pikir yang ditujukan terhadap kehidupan di alam dunia yakni alam beserta isinya dilihat secara keseluruhan yang meliputi aspek fisik, kimiawi, hayati, sosial, ekonomi, mental, psikis dan kebahasaan.Mempelajari sistem kehidupan dunia tidak akan dapat berjalan dengan benar apabila setiap aspek yang telah disebutkan tadi dipelajari secara terpisah atau masing-masing. Secara holistik maka mempelajari alam semesta haruslah mencakup segala aspek kehidupan secara menyeluruh atau dipandang sebagai satu kesatuan yang utuh.

Jan smuts Holism and Evolution Bapak Holistik Dunia
Jan smuts Holism and Evolution Bapak Holistik Dunia

Istilah holistik sebenarnya pertama kali dicetuskan oleh seorang negarawan bernama Jan Smuts asal Afrika Selatan dalam bukunya yang berjudul “Holism and Evolution” Holism berasal dari bahasa Yunani yang kata dasarnya adalah holos mengandung arti semua atau keseluruhan. Negarawan Jan Smuts mendeskripsikan holism sebagai suatu kecenderungan alam untuk membentuk kondisi yang utuh, sehingga kondisi tersebut dipandang lebih besar daripada gabungan elemen-elemen pendukungnya sebagai bagian dari hasil evolusi.

Dimanakah Tempat Penerapan Konsep Holistik?

Penerapan konsep holistik banyak ditemui hampir di segala bidang kehidupan manusia. Contoh yang dapat kita lihat adalah dalam bidang ilmu etnologi. Etnologi sendiri berasal dari kata etnis yang artinya berbagai suku bangsa. Pengertian etnologi merujuk pada suatu bidang ilmu yang mempelajari suku bangsa dan budaya serta beragam aspek penyertanya seperti hubungan antar suku bangsa, juga hal-hal lain yang berkaitan dengan adat budaya pendukungnya.

Maurice Leenhardt, adalah seorang pendeta Perancis dan etnolog yang mengkhususkan diri dalam Kanak orang dari Kaledonia Baru
Maurice Leenhardt, adalah seorang pendeta Perancis dan etnolog yang mengkhususkan diri dalam Kanak orang dari Kaledonia Baru

Maurice Leenhardt seorang misionaris asal Perancis yang pertama memperkenalkan istilah cosmomorfisme yang didefinisikan sebagai hubungan mutualisme antara manusia dengan alam lingkungan sekitarnya. Diambil contoh pada masyarakat Melanesia di Kaledonia baru. Dimana tidak dapat digambarkan atau ditarik satu kesimpulan tentang suatu kaum hanya dengan melihat seorang individu saja. Untuk mempelajari masyarakat Melanesia, haruslah dipakai tolak ukur seluruh masyarakat dan juga keseluruhan adat budaya, kebiasaan, tradisi dan kehidupan sehari-hari di lingkungan tersebut.

Jadi jelaslah ditarik kesimpulan bahwa mempelajari sesuatu haruslah secara utuh dan menyeluruh. Dengan mempelajari sebagian-sebagian dari gabungan komponen-komponen terkait secara terpisah akan memberikan kesulitan yang lebih besar dalam mempelajari suatu bidang ilmu.